19 Ogos, 2012

MENCAPAI PRESTASI (BAHAGIAN 1)

Sukses tidak tergantung pada banyaknya pengetahuan yang Anda miliki, namun lebih tergantung pada seberapa banyak tindakan yang Anda lakukan. Bukan bererti pengetahuan itu tidak penting, tetapi dengan memiliki pengetahuan dan tidak melakukan sesuatu tindakan, apalah ertinya.

Dengan melakukan tindakan yang mengarah pada sasaran, maka Anda akan mendapatkan suatu hasil - entah itu hasil yang sesuai dengan keinginan atau yang bukan sesuai dengan keinginan Anda.

Bila hasil yang Anda harapkan tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, maka dia adalah umpan balik, di mana Anda perlu memperbaiki diri dan melakukan tindakan berikutnya.

Namun dalam melakukan tindakan sering kali orang mengalami banyak hambatan, dan hambatan terbesar yang sering muncul adalah berasal dari diri sendiri, yakni malas, bosan, menunda-nunda, kurang percaya diri, dan sebagainya.

Ramai orang bertanya-tanya, bagaimana saya boleh terus menerus berghairah dalam bekerja? Bagaimana saya boleh mencapai prestasi tertinggi? Bagaimana saya boleh mengatasi kemalasan?

Setiap orang memiliki kemampuan untuk mencapai prestasi yang mengagumkan, setiap orang boleh membangun ghairah yang berkobar-kobar, setiap orang punya kemampuan untuk mengatasi kemalasan. Ini semua tentu ada persyaratan yang perlu di penuhi. Agar boleh berada pada kondisi puncak dan bergairah sepanjang waktu, maka Anda perlu mengembangkan sumber daya berikut ini:

- Tujuan

Miliki suatu tujuan yang jelas, pasti, masuk akal dan Anda percayai bahwa itulah sasaran yang seusai dengan kemampuan diri Anda. Sasaran ini harus merangsang emosi Anda, dengan demikian Anda akan tergerak untuk bertindak.

- Fokus

Terus fokuskan fikiran dan tindakan Anda hanya pada sasaran yang sudah ditetapkan. Semakin Anda fokus, maka jalan keluar untuk mencapai sasaran itu semakin terbuka. Bila jalan keluar telah terbuka, Anda pun akan semakin bersemangat lagi. Jaga dan jangan alihkan fokus Anda.

- Tubuh

Semangat boleh Anda ciptakan sendiri, dengan cara mengubah postur tubuh Anda. Biasanya kalau Anda loyo, kurang semangat dan lesu, postur tubuh Anda agak lunglai dan menunduk. Mata kelihatan redup. Muka masam. Kalau mengubah postur tubuh, maka suasana hati Anda akan berubah; Anda akan kembali bersemangat. Biasakan setiap hari untuk berolah raga agar tubuh dan fikiran Anda tetap segar!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan